Selasa, 22 Januari 2013

Perbedaan Marmer dan Granit

Gunung Marmer

Apakah Perbedaan Marmer dan Granit ?


Sebelum kita membahas lebih jauh tentang perbedaan antara marmer dan granit ada baiknya kita sedikit memahami arti dari marmer dan granit. disini quality marble akan membahas sedikit tentang sejarah terbentuknya marmer dan granit.
 
Mungkin anda semua sudah mengetahui apakah itu Marmer atau Granit. MARMER adalah batuan kristalin yang kasar dan berasal dari batu gamping atau dolomit. untuk marmer yang asli itu akan berwana putih tentunya karena batu tersebut di susun oleh mineral kalsit. sehingga marmer bisa di katakan batuan alam  yang berasal dari hasil proses metamorfosa atau malihan dari batu gamping.
pengaruh suhu dan tekanan yang dihasilkan oleh gaya endogen yang menyebabkan terjadinya rekristalisasi pada batuan tersebut sehingga dapat membentuk berbagai foliasi maupun non foliasi, yang diakibatkan oleh rekristalisasi dalam pembentukan tekstur baru dan keteraturan butir. dan sebuah tambang marmer biasanya berdampingan dengan tambang batuan untuk batu gamping.

Gamping merupakan batuan marmer yang masih sangat muda, sehingga masih kurang baik jika dibuat untuk sejenis kerajinan.Marmer Indonesia di perkirakan berumur sekitar 30 - 60 Juta tahun atau bisa juga dikatakan berumur kuarter sampai tersier. dan suhu yang panas atau tekanan juga bisa dikatakan termasuk dari proses metamorfosa dalam pembentukan gamping menjadi marmer, walaupun terjadinya metamorfosa ini dalam waktu yang cukup lama yakni beribu-ribu tahun yang lalu.dan akhirnya kotoran dari hasil proses metamorfosa inilah yang membentuk menjadi corak yang indah. sehingga bongkahan batu dari gunung marmer jika di potong akan menghasilkan corak-corak yang indah.

Gunung Granit
GRANIT adalah batuan beku yang terbentuk dari magma cair yang didinginkan dalam periode waktu tertentu secara perlahan lahan. atau bisa juga granit dikatakan sebagai batuan jenis intrusif,felsik,igneus yang umum dan mudah di temukan tentunya. karena Granit memiliki sifat kebanyakan yaitu bongkahannya lebih besar,keas dan juga kuat.oleh karenanya granit sering di gunakan sebagai kontruksi satu bangunan karena kepadatanya memiliki rata-rata 2,75 gr/cm³ dan dengan jangkauan antara 1,74 dan 2,80. sebenarnya kata granit itu berasal dari bahasa latin granum yang berarti batuan beku.yang terdiri dari berbagai mineral seperti quarsa, feldspar mika dan lain-lain.Selain menurunkan suhu magma juga dapat bertahan ribuan tahun dengan tekanan berat yang menghasilkan bahan yang sangat keras yang tahan terhadap goresan dan tahan lama. sebenarnya ada variasi dalam persentase mineral yang terkandung dalam berbagai jenis granit sehingga memberikan berbagai warna. dan mengapa granit selalu ditemukan dalam warna cenderung hitam pekat. walau terkadang tersedia juga dalam jenis berbutir garis - garis dalam warna lainnya.

Lalu apakah Perbedaan Marmer dan Granit sebenarnya ?

Sebenarnya dari penjelasan diatas sudah sangat jelas apa perbedaan dari marmer atau granit yang sebenarnya, namun disini quality marble akan memberikan sedikit kesimpulan agar mudah dimengerti oleh anda semua. pada prinsipnya marmer atau granit kedua batu tersebut dapat di gunakan untuk lantai atau meja atau apapun untuk mempercantik sebuah kontruksi bangunan anda. agar terlihat lebih elegan dan memberikan efek yang dingin atau sejuk bagi bangunan anda. namun untuk granit memiliki sifat yang tahan lama, keras dan anti gores. sedangkan marmer adalah sejenis batuan yang mudah kehilangan kemilau dari warnanya ketika marmer di gunakan pada satu tempat dimana kondisinya tempat tersebut sering digunakan. seperti satu lingkungan atau tempat yang sering digunakan unuk berkumpul, dan beraktifitas dan aktifitas yang anda lakukan akan meninggalkan noda seperti makanan atau minuman. oleh karena itulah sebenarnya marmer perlu di perlakukan secara kusus jika marmer di gunakan sebagai lantai. dan perawatan tersebut perlu dilakukan secara berkala antara 1 - 2 tahun sekali tergantung dari letak dan besarnya persentase volume aktifitas yang dilakukan di sektar marmer tersebut. dan hal tersebut berbeda dengan granit, karena batu tersebut adalah batu yang keras dan memiliki sifat tahan terhadap goresan, maka batu ini bisa dikatakan tidak akan mudah pudar untuk karakter warnya. walaupun mungkin memang benar antara marmer dan granit harganya akan jauh lebih mahal granit daripada marmer tentunya.
 
 


1 komentar: